Penggunaan Media Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas III SD GMIT 43 Kalunan Kecamatan Mataru Kabupaten Alor

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Media Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas III SD GMIT 43 Kalunan Kecamatan Mataru Kabupaten Alor

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa tentang membaca dongeng dengan media cerita bergambar untuk siswa kelas III SD GMIT 43 Kalunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD GMIT 43 Kalunan tahun ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD GMIT 43 Kalunan berjumlah 17 orang, laki-laki 8 orang dan perempuan 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media cerita bergambar dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas III SD GMIT 43 Kalunan, hal ini dapat dilihat dari peningkatan setiap siklus. Peningkatan pemahaman membaca siswa dari kondisi awal, yaitu data awal rata-rata nilai ulangan siswa, yaitu 6,2 dan pemahaman siswa yang mencapai nilai KKM hanya sebanyak 41%. Rata-rata nilai siswa pada siklus I yaitu 6,72 dengan persentase siswa yang mencapai KKM ,adalah 53%. Pada siklus II, ratarata nilai siswa, adalah 8,72 dengan persentasi siswa yang mencapai KKM, adalah 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan agar dalam pelaksanaan pembelajaran hendaknya guru mengunakan media cerita bergambar sehingga pemahaman membaca siswa meningkat. Kata Kunci: Media, Cerita Bergambar, Pemahaman Membaca.


Detail Information

Item Type
Penulis
Astinawati Lanbeka - Personal Name
Student ID
1601140282
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA