PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MAGNET LISTRIK DAN TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD INPRES PALSATU KOTA KUPANG ( Penelitian Tindakan Kelas )

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MAGNET LISTRIK DAN TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD INPRES PALSATU KOTA KUPANG ( Penelitian Tindakan Kelas )

XML

Skripsi Meri Katarina Nenohai.2001140034.PGSD.2024.Peningkatan hasil belajar siswa tentang magnet listrik dan teknologi untuk kehidupan melalui model problem based learning di kelas V SD Inpres Palsatu Kota Kupang.. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Palsatu Kota Kupang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learningdalam pembelajaran tentang magnet listrik dan teknologi untuk kehidupan di kelas kelas V SD Inpres Palsatu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas kelas V SD Inpres Palsatu yang berjumlah 21 orang yakni 12 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriltif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Inpres Palsatu Kota Kupang dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siklus I dari 21 orang yang tuntas 13 orang (61,90%), tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, dapat mengerjakan LKPD, mendengarkan dan melihat contoh yang di sampaikan dalam pembelajaran, menanggapi pertanyaan guru dan menyampaikan pertanyaan setelah mendengarkan materi pembelajaan dengan baik dan media membantu memudahkan pemahaman siswa tentang materi, yang tidak tuntas 8 orang (38,09%), tidak tuntas karena siswa kurang memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, belum mengerjakan LKPD dengan benar, kurang mendengarkan dan melihat contoh yang di sampaikan dalam pembelajaran, belum menenggapi pertanyaan dari guru, dan belum mengerjakan soal evaluasi dengan baik. Siklus II yang tuntas 21 orang (95%) tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan guru mengunakan media pembelajaran, media alat peraga rangkaian listrik dengan baik, siswa mampu mengerjakan LKPD dengan benar, siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru, siswa mampu memberikanpertanyaan ketika mendengarkan pemaparan materi melalui media pembelajaran, dan juga siswa mampu mengerjakan soal evaluasi dengan baik. Sehingga ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat mencapai 100%. Dan dengan rata-rata nilai siklus I dan II yaitu: 61,90 dan 95. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran magnet listrik dan teknologi untuk kehidupan melalui dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas SD Inpres Palsatu. Hal ini dibuktikan dengan hasil siklus 1,terdapat 13 orang (61,90%) yang tuntas dan siklus II 21 orang (95%) yang tuntas. Dan dengan rata-rata nilai siklus I dan II yaitu: 67,14 dan 100.

Kata kunci: Model Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik dan Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MERI KATARINA NENOHAI - Personal Name
Student ID
2001140034
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan guru sekolah dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Nen P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA