Skripsi
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi pada Nasabah Bank NTT Cabang Oelamasi)
XMLTujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui persepsi nasabah tentang people, process, dan technology terhadap loyalitas nasabah pada Bank NTT Cabang Oelamasi. 2) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh people terhadap loyalitas nasabah pada Bank NTT Cabang Oelamasi. 3) Untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh process terhadap loyalitas nasabah pada Bank NTT Cabang Oelamasi. 4) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh technology terhadap loyalitas nasabah pada Bank NTT Cabang Oelamasi. 5) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh people, process, dan technology terhadap loyalitas nasabah pada Bank NTT Cabang Oelamasi. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank NTT Cabang Oelamasi pada tahun 2023 sebanyak 89,982 orang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang merupakan nasabah pada Bank NTT Cabang Oelamasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis uji t, uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan aplikasi SPSS 26.
Hasil Penelitian deskriptif menunjukan bahwa secara keseluruhan responden memberikan penilaian persepsi yang sangat baik terhadap people, process, dan technology. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= 2,030 +0,759 X1 +0,816 X2+ 0,239 X3 + 1,075. Hasil uji t menunjukan bahwa 1) Variabel people berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 7,768. 2) Variabel process berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 7,827. 3) Variabel technology berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah,dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,379. Terdapat pengaruh secara simultan antara people, process, dan technology terhadap loyalitas nasabah, dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 70,854. Angka Adjust R Square sebesar 0,697 menunjukkan bahwa sebesar 69,7% variabel loyalitas nasabah dipengaruhi oleh variabel independen sedangkan sisanya 32,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Untuk itu disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menambahkan variabel lain yang masih termasuk dalam dimensi customer relationship management yang juga bertujuan untuk meningkatkan loyalitas nasabah seperti pemasaran berkelanjutan, pemasaran secara individu, dan program kerja sama.
Kata kunci: people, process, dan technology
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ayunda Ligna Nalini Mandala - Personal Name
|
Student ID |
2003020046
|
Dosen Pembimbing |
Drs. Abas Kasim, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Drs. Anthonius B. Mesakh, M.Si - 19620806 198803 1 002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Drs. Abas kasim, M.Si - 19600414 198803 1 008 - - Ketua Penguji
Drs. Anthonius B. Mesakh, M.Si - 19620806 198803 1 002 - Penguji 1 Juita L.D.Bessie, S.Sos.MM - 198410142010122006 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Administrasi Bisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11 Man P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |