Skripsi
Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang
XMLBerdasarkan masalah di atas maka hasil penelitian yang diperoleh dari peran guru dalam meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas III SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang yakni 1). Peran guru sebagai pendidik yang mencakup empat kompetensi yaitu pertama, kompetensi pedagogik menunjukkan guru mampu merancang pembelajaran yang efektif dan relevan dengan menggunakan berbagai strategi untuk membantu siswa memahami materi pelajaran. Kedua, kompetensi kepribadian menunjukkan guru tercermin dalam perilaku yang baik dan terpuji sebagai teladan bagi siswa, seperti bersikap adil, jujur, dan bertanggung jawab. Ketiga, kompetensi sosial menunjukkan guru mampu berkomunikasi secara baik dengan siswa, teman guru, dan orang tua, serta guru menyelesaikan konflik dengan baik. Keempat, kompetensi profesional, menunjukkan guru terus mengembangkan diri secara berkelanjutan dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengikuti pelatihan dan seminar. 2). Peran guru sebagai pengajar menunjukkan bahwa melalui penguasaan materi, kemampuan menjelaskan materi dengan jelas, membangun komunikasi yang baik, menilai hasil belajar secara objektif, mengelola kelas dengan baik, mengembangkan media pembelajaran yang menarik, memahami perbedaan individual siswa, dan melakukan refleksi diri, guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk perkembangan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. 3). Peran guru sebagai teladan menunjukkan bahwa guru menjadi model yang menampilkan nilai-nilai karakter dan memberikan contoh perilaku positif seperti guru memiliki kepribadian yang mulia, penampilan yang rapi dan sopan, mampu membangun hubungan yang baik dengan orang lain, serta mampu membimbing dan memotivasi siswa 4). Peran guru sebagai evaluator menunjukan bahwa guru bertanggung jawab untuk mengukur pemahaman dan perkembangan siswa untuk membentuk karakter mereka melalui proses evaluasi seperti melalui tujuan dan manfaat evaluasi yang dipahami dengan baik, merancang instrumen evaluasi yang efektif, melaksanakan evaluasi secara terstruktur, menganalisis hasil evaluasi dengan cermat, dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas III SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang yaitu 1) Guru sebagai pendidik, guru menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan karakter siswa melalui kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. 2) Guru sebagai pengajar menjadi role model dengan cara memfasilitasi pembelajaran yang jelas dan efektif. 3) Guru sebagai teladan, guru menjadi contoh bagi siswa dengan perilaku positif. 4) Guru sebagai evaluator, guru memberikan umpan balik yang konstruktif untuk pengembangan siswa.
Kata Kunci: Peran Guru; Karakter Disiplin; Karakter Tanggung Jawab
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
FRANSISKA NOVENA LASBOY - Personal Name
|
Student ID |
2001140186
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Vera Rosalina Bulu, S.Pd., M.Pd - - Penguji 1 SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 LAS P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |