Skripsi
PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS TENTANG MAGNET DAN LISTRIK UNTUK KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR INPRES TUADALE KABUPATEN KUPANG
XMLPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara metode Eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi magnet dan listrik di kelas V SD Inpres Tuadale. Penelitian ini menggunakan metode PreEksperimental design dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Tuadale yang berjumlah 14 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan studi dokumen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Tuadale Kupang Barat. Selanjutnya hasil penelitian menunjukan bahwa uji normalitas menunjukan nilai signifikan sebesar 0,200 > 0,05 sehingga data berdistribusi normal, hasil uji homogenitas menunjukan (sig) Levene’s sebesar 0,408 > 0,05 sehingga data yang diperoleh bersifat homogen. Hasil pengujian Hipotesis, menggunakan paired sample T-test menunjukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi (2-tailed) < 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan
karena nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Eksperimen terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: Hasil belajar, Ekspermen
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Adrian Yohan Kris Tungga - Personal Name
|
Student ID |
2001140041
|
Dosen Pembimbing |
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Tun P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |