Skripsi
Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media Naskah Cerpen
XMLPembelajaran dalam Kurikulum 2013 menempatkan keterampilan sebagai sebuah kompetensi yang harus dicapai. Salah satu kompetensi keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah „menulis naskah drama dengan menggunakan media naskah cerpen.‟ Kenyataan menunjukkan bahwa peserta didik di kelas VIIIB ruang 2 SMP Swasta Panca Karya Lite belum memiliki kompetensi keterampilan menulis naskah drama yang baik. Kondisi ini menjadi alasan yang mendasar bagi peneliti untuk melaksanakan penelitian ini. Proses penelitian ini melalui langkah-langkah pembelajaran untuk kompetensi keterampilan menulis naskah drama menggunakan media naskah cerpen dengan mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki oleh peserta didik dan sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research. Penelitian ini dilakukan melalui 4 tahap dalam satu siklus yakni perencenaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini 13 dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Tahapan-tahapan pada kedua siklus ini diarahkan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan media nasakh cerpen. Proses pembelajaran itu dimulai dari merancang perencanaan, pelaksanaan pembelajaran hingga penilaian. Proses pembelajaran dikreasikan untuk lebih memberikan motivasi kepeda peserta didik dalam berpartisipasi dan guru hanya fokus pada tugasnya sebagai fasilitator. Peningkatan kemampuan menulis berkaitan dengan upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan target mencapai standar yakni 75%. Pada siklus I peserta didik mencapai 69.14%. Karena itu, penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan tingkat keberhasilan 76.07%. Perolehan ini menunjukkan adanya peningkatan dari kategori kurang ke kategori cukup pada level penguasaan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penulisan naskah drama dengan menggunakan media naskah cerpen dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Oleh karena itu dapat juga direkomendasikan penggunaan naskah cerpen untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam keterampilan menulis naskah drama. Kata kunci: Naskah drama, Naskah Cerpen dan Penelitian Tindakan Kelas
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Bernadina Kewa Suban - Personal Name
|
Student ID |
1601010101
|
Dosen Pembimbing |
Simon Sabon Ola - 196503221992031001 - Dosen Pembimbing 1
SAMUEL NITBANI - 19610502198903002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 1 Simon Sabo Ola - 196503221992031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 Sub P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |