PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X4 DI SMA NEGERI 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X4 DI SMA NEGERI 2 KUPANG

XML

Masalah dalam penelitian ini ialah model pembelajaran yang digunakan di kelas masih monoton dan belum disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang dilihat dari gaya belajar siswa sehingga mengakibatkan rendahnya minat serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sejarah dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas X4 SMA Negeri 2 Kupang. Metode yang digunakan adalah metode diskusi kelompok, tanya jawab dan presentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi guru dan siswa, tes hasil belajar dan studi dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X4 SMA Negeri 2 Kupang yang mengalami masalah dengan hasil belajar sejarah. Prosedur penelitian dilakukan dengan empat langkah meliputi: 1. Tahap perencanaan 2. Tahap pelaksanaan 3. Tahap pengamatan 4. Tahap refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas X4 SMA Negeri 2 Kupang setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi mengalami peningkatan kemampuan kognitif dan peningkatan keaktifan belajar karena siswa dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa pada kelas X4 SMA Negeri 2 Kupang, jumlah peserta didik yang mencapai KKTP pada siklus I sebanyak 22 orang dengan presentase 61,11%, peserta didik yang belum mencapai KKTP Nsebanyak 14 siswa dengan presentase 38,89%. Dengan nilai rata-rata kelas 72,78. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 36 orang peserta didik semua dinyatakan tuntas dengan presentase 100%. Temuan penelitian ini menunjukan pembelajaran berdiferensiasi merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang beragam karena pembelajaran berdiferensiasi menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa sehingga semua siswa mencapai potensi belajarnya secara maksimal.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Berdiferensiasi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Helena Krista Eduk - Personal Name
Student ID
2001090071
Dosen Pembimbing
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Ketua Penguji
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 1
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Edu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA