PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAPAN MEMORI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKS MUHAMMADIYAH KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAPAN MEMORI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKS MUHAMMADIYAH KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran papan memori pada peserta didik kelas X SMKS Muhammadiyah Kupang. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh model pembelajaran konvensional yang bersifat satu arah sehingga siswa merasa bosan dan jenuh dalam kegiatan belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian siswa di kelas X adalah 22 siswa. Prosedur penelitian dilakukan dengan langkah dalam PTK meliputi:1. Tahap Perencanaan 2. Tahap Pelaksanaan 3. Tahap Pengamatan 4. Tahap Refleksi dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) Observasi yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan langsung di kelas X SMKS Muhammadiyah Kupang, (2) Tes digunakan untuk mengukur ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model papan memori (3) Dokumentasi untuk mendapatkan data mengenai nama siswa, motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil observasi dan analisis siswa sebelum menerapkan model papan memori dari 22 siswa terdapat 9 orang yang nilainya tuntas atau mencapai KKM dengan presentase 40,91% sedangkan 13 siswa belum mencapai KKM dengan presentase 59,09%. Hasil tes siklus I terdapat 12 siswa yang tuntas dengan presentase 54,55%, pada siklus II menjadi 22 orang siswa dengan presentase 100%. Sedangkan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM pada siklus I sebanyak 10 orang dengan presentase 45,45%. Pada siklus II mengalami peningkatan dalam hasil belajar, dari 22 siswa yang mengikuti tes semuanya memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah pada siklus I dengan rata-rata 74,09, pada siklus II meningkat menjadi 83,86. Kemudian observasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I dari presentase 54,55%, pada siklus II meningkat menjadi 89,09%. Berdasarkan hasil belajar dan hasil observasi pada siklus I dan siklus II di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Papan Memori dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa lebih aktif serta tidak merasa bosan selama proses pembelajaran berlangsung.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model papan memori, Pembelajaran sejarah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yeni Bouk Hane - Personal Name
Student ID
2001090005
Dosen Pembimbing
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Han P
Copyright
Individu Penulis
Doi
0

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA