Pengaruh Model Discovery Bassed Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik ( Kognitif) Pada Mata Pelajaran Geografi Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 5 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Discovery Bassed Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik ( Kognitif) Pada Mata Pelajaran Geografi Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 5 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model belajar Discovery Based Learning Terhadap Hasil belajar peserta didik (kognitif ) pada mata pelajaran geografi kurikulum merdeka di SMA Negeri 5 Kupang. model Discovery Based Learning Ini memiliki Pengaruh yang signifikan terhadap hasil pembelajaran di kelas dengan Tahapan (1) Stimulus/ pemberi rangsangan, (2) Problem Statment/ Identifikasi Masalah, (3) Data Collection/pengumpulan Data, (4) Data Processing/pengolahan Data, (5) Verification/pembuktian, (6) Generalization/Kesimpulan Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Test pretest dan posstest dan Dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan persamaan statistik dan diolah menggunakan program aplikasi software SPSS. Uji statistik yang digunakan adalah uji homogenitas , uji normalitas dan uji t. Berdasarkan Hasil Penelitian yang telah dilakukan terdapat 3 hal penting: 1. Pada kelas eksperimen dengan nilai signifikansi uji normalitas, yaitu > 0.05 yaitu yakni 0.065 dan 0.014. Sedangkan pada kelas kontrol adalah 0.027, dan 0.018, dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji normalitas dari kedua kelas tersebut memiliki nilai sig > 0.05, maka data tersebut berdistribusi normal. 2. Uji homogenitas untuk kedua kelas, diperoleh nilai 0.106 > 0.05 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji homogenitas data tersebut berdistribu si homogen (sama).3. Pada uji-t dengan menggunakan rumus independent sampel t-test dari tabel output diatas maka diperoleh nilai t = 3.322 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.002 < 0,05. guru dapat melakukan beberapa hal guna meningkatkan hasil belajar siswa di dalam kelas yaitu guru dapat menerapkan model pembelajaran Discovery Based Learning guna meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci : Discovery Based Learning, geografi, peserta didik.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DWIBANAWATI ARSAD BACO - Personal Name
Student ID
2001100046
Dosen Pembimbing
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Dosen Pembimbing 1
Agustinus Hale Manek - 199208282022031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Ketua Penguji
Agustinus Hale Manek - 19920828202231009 - Penguji 1
Mikael Samin - 196209181990031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 BAC P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA