Skripsi
Representasi Pendidikan Budaya Dalam Pantun Adat Etnik Dawan Di Kabupaten Timor Tengah Utara (Analisis Semiotika Menurut Ferdinand De Saussure)
XMLOleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk; yang pertama Menganalisis makna tanda dalam pantun adat etnik Dawan di Kabupaten Timor Tengah Utara. Dan yang kedua Menganalisis representasi nilai pendidikan budaya dalam pantun adat etnik Dawan di Kabupaten Timor Tengah Utara. Penelitian ini menggunakan teknik Analisis semiotika dan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data (Miles dan Huberman, 1992) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Dalam Pantun adat etnik Dawan di Kabupaten Timor Tengah Utara ditemukan 6 kutipan bait pantun yang menunjukkan konsep semiotika Ferdinand De Saussure yaitu signifier dan signified. (2) Pantun adat etnik Dawan merepresentasikan nilai-nilai pendidikan budaya melalui bait-bait pantun, yaitu nilai pendidikan, nilai moral dan nilai social dikarenakan pantun adat etnik Dawan memberi ajaran, petunjuk, peringatan dan teguran yang baik bagi masyarakat Dawan.
Kata kunci: Signifier, Signified, Representasi Pendidikan Budaya, Pantun Adat Etnik Dawan
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Martina Yosefiana Daindo Malo - Personal Name
|
Student ID |
1703050038
|
Dosen Pembimbing |
PETRUS ANA ANDUNG - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
MARIA YULITA NARA - 198905182019032024 - Dosen Pembimbing 1 |
Penguji |
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Ketua Penguji
MARIA YULITA NARA - 198905182019032024 - Penguji 1 Ferly Tanggu Hana - 198202162010122001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Komunikasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
702.01 MAL R
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |