Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Koperasi Terhadap Retensi Anggota (Studi pada Anggota Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Obor Mas di Maumere Kabupaten Sikka)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Koperasi Terhadap Retensi Anggota (Studi pada Anggota Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Obor Mas di Maumere Kabupaten Sikka)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan baik secara parsial maupun simultan pengaruh dari persepsi kualitas layanan dan citra koperasi terhadap retensi anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Obor Mas di Maumere Kabupaten Sikka. Penelitian ini menggunakan persepsi kualitas layanan dan citra koperasi sebagai variabel independen dan retensi anggota sebagai variabel dependen. Populasi penelitian ini terdiri dari 5.535 anggota Kopdit Obor Mas di Maumere, yang tersebar di empat cabang, yaitu Kantor Cabang Utama Sikka, Kantor Cabang Agrobisnis, Kantor Cabang Pasar Tingkat, dan Kantor Cabang Pasar Alok. Jumlah sampel sebanyak 100 responden, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner melalui google form, dokumen, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis melalui uji t, uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan aplikasi SPSS 29.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukan variabel kualitas layanan, citra koperasi dan retensi anggota berada pada kategori sangat tinggi artinya responden memberikan penilaian yang positif untuk Kopdit Obor Mas Maumere. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan : Y= 4.485 + 0,837X1 + 0,675X2 + 1,514. Hasil uji t menunjukan bahwa 1) Variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap retensi anggota, dengan nilai thitung sebesar 7,849. 2) Variabel citra koperasi berpengaruh signifikan terhadap retensi anggota, dengan nilai thitung sebesar 6,681. Terdapat pengaruh secara simultan antara kualitas layanan dan citra koperasi terhadap retensi anggota, dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 79,256. Angka Adjusted R Square sebesar 0,684 menunjukkan bahwa sebesar 68,4% variabel retensi anggota dipengaruhi oleh variabel independen kualitas layanan dan citra koperasi sedangkan sisanya 31,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti, kepuasan anggota, efektivitas program loyalitas, inovasi produk dan layanan, persepsi resiko, dan tingkat pemahaman. Untuk itu disarankan peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih lanjut mengenai variabel di luar dari penelitian ini yang dapat mempengaruhi retensi anggota, serta tidak hanya terbatas pada KSP Kopdit Obor Mas, tetapi juga mempertimbangkan beberapa KSP yang cukup terkenal seperti Kopdit Sangosay, Kopdit Swasti Sari, Kopdit Pintu Air, dan Kopdit Familia.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Citra Koperasi, Retensi Anggota, Kopdit Obor Mas


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ELISABETH NOVITA SISKA - Personal Name
Student ID
2003020026
Dosen Pembimbing
KHALID KASIM MOENARDY - 196208171988031002 - Dosen Pembimbing 1
Anthonius B. Mesakh - 19620806 198803 1 002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Khalid Kasim Moenardy - 196208171988031002 - Ketua Penguji
Anthonius B Mesakh - 196208061988031002 - Penguji 1
Abas Kasim - 196004141988031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Administrasi Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 SIS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA