Pengaruh Model Pembelajaraan Search, Solve, Create And Share Terintegrasi Strategi Reading, Questioning And Answering Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMP Negeri 17 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaraan Search, Solve, Create And Share Terintegrasi Strategi Reading, Questioning And Answering Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMP Negeri 17 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi siswa melalui pengaruh model pembelajaran SSCS terintegrasi RQA pada materi sistem peredaran darah pada manusia kelas VIII SMP Negeri 17 Kupang Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Dengan desain yang digunakan pretest- postest control group design. Yang mana menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen mengunakan model pembelajaran SSCS terintegrasi RQA dan kelas kontrol menggunakan model pembalajaran konvensional yang pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampling, dengan instrumen penilaian yang digunakan yaitu soal pilihan ganda dan soal essay. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest- postest dari kedua kelas tersebut dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t- test dengan didahulukan dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil perlakuan terhadap kedua kelas tersebut didapati nilai normalitas pretest-postest kelas eksperimen (0,141> 0,05) dan (0,200* > 0,05) sedangkan pada uji homogenitas pada pretest kelas kontrol-eksperimen (0,152 > 0,05) dan postest kelas kontrol-eksperimen (0,931 > 0,05) sehingga data berdistribusi normal dan homogen, serta rata-rata hasil kemampuan literasi postest pada kelas kontrol yaitu 71,92 berada pada kriteria baik sedangan hasil rata-rata postest pada kelas eksperimen yaitu 85,76 berada pada kriteria sangat baik , dan didukung oleh hasil uji T-Test dengan hasilnya yaitu adanya pengaruh model pembelajaran SSCS terintegrasi RQA. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran SSCS terintegrasi RQA dapat mempengaruhi literasi siswa meningkat pada kelas VIII SMP Negeri 17 Kupang.
Kata kunci: Kemampuan Literasi, Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (sscs) terintegrasi Reading, Questiong and Answering (RQA)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
WALDETRUDIS VINDI DAMA - Personal Name
Student ID
2001040052
Dosen Pembimbing
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
PAULUS TAEK - - Penguji 1
Angela Gabriela Lika - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 DAM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA