Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaraan Search, Solve, Create And Share Terintegrasi Strategi Reading, Questioning And Answering Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMP Negeri 17 Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi siswa melalui pengaruh model pembelajaran SSCS terintegrasi RQA pada materi sistem peredaran darah pada manusia kelas VIII SMP Negeri 17 Kupang Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Dengan desain yang digunakan pretest- postest control group design. Yang mana menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen mengunakan model pembelajaran SSCS terintegrasi RQA dan kelas kontrol menggunakan model pembalajaran konvensional yang pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampling, dengan instrumen penilaian yang digunakan yaitu soal pilihan ganda dan soal essay. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest- postest dari kedua kelas tersebut dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t- test dengan didahulukan dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil perlakuan terhadap kedua kelas tersebut didapati nilai normalitas pretest-postest kelas eksperimen (0,141> 0,05) dan (0,200* > 0,05) sedangkan pada uji homogenitas pada pretest kelas kontrol-eksperimen (0,152 > 0,05) dan postest kelas kontrol-eksperimen (0,931 > 0,05) sehingga data berdistribusi normal dan homogen, serta rata-rata hasil kemampuan literasi postest pada kelas kontrol yaitu 71,92 berada pada kriteria baik sedangan hasil rata-rata postest pada kelas eksperimen yaitu 85,76 berada pada kriteria sangat baik , dan didukung oleh hasil uji T-Test dengan hasilnya yaitu adanya pengaruh model pembelajaran SSCS terintegrasi RQA. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran SSCS terintegrasi RQA dapat mempengaruhi literasi siswa meningkat pada kelas VIII SMP Negeri 17 Kupang.
Kata kunci: Kemampuan Literasi, Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (sscs) terintegrasi Reading, Questiong and Answering (RQA)
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
WALDETRUDIS VINDI DAMA - Personal Name
|
Student ID |
2001040052
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
PAULUS TAEK - - Penguji 1 Angela Gabriela Lika - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 DAM P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |