PENGARUH PENGGUNAAN REAL LABORATORY DAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 12 KOTA KUPANG PADA MATERI HUKUM OHM

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN REAL LABORATORY DAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 12 KOTA KUPANG PADA MATERI HUKUM OHM

XML

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design yang dilaksanakan di SMA Negeri 12 Kota Kupang tahun pelajaran 2023/2024. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan dan peningkatan keterampilan proses sains siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan real laboratory dan virtual laboratory, serta mengetahui efektifitas penggunaan real laboratory dan virtual laboratory terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 12 Kota Kupang, dengan pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun siswa kelas XII MIPA 1 yang berjumlah 17 siswa sebagai kelas eksperimen 1 diajarkan menggunakan real laboratory , sedangkan siswa kelas XII MIPA 2 yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen 2 diajarkan menggunakan virtual laboratory. Keterampilan proses sains dalam penelitian ini diperoleh dari instrumen tes dan lembar observasi siswa. Aspek keterampilan proses sains yang diteliti meliputi mengamati, menafsirkan, meramalkan, mengajukan hipotesis, menggunakan alat/bahan/sumber, melaksanakan percobaan, dan melakukan komunikasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t dua pihak dan N-Gain, diperoleh hasil untuk hipotesis pertama adalah nilai thitung (1,227) < nilai ttabel (1,685), untuk hipotesis ke dua diperoleh nilai thitung (0,728) < nilai ttabel (1,685), dan untuk hipotesis ke tiga diperoleh nilai N-Gain sebesar (0,6004) untuk penggunaan real laboratory dan nilai N-Gain sebesar (0,5603) untuk penggunaan virtual laboratory
Kata kunci: Real Laboratory, Virtual Laboratory, Keterampilan Proses Sains


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ramadhan Umar Tenowai - Personal Name
Student ID
2001050005
Dosen Pembimbing
Yusniati H. Muh. Yusuf, S.Si., M.Pd - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 1
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 2
Dr. I Wayan Sukarjita, S.Pd., M.Si. -19680715 199403 1 002 - - Dosen Pembimbing 3
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Ten P
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA