Skripsi
Efefktifitas Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Klinik Pratama Turangga, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
XMLPenelitian ini membahas analisis komponen input, proses, dan output dalam pelayanan kesehatan di Klinik Pratama Turangga, dengan fokus pada kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan. Berdasarkan pengamatan, fasilitas kesehatan di klinik tersebut masih memerlukan perbaikan, seperti ruang tunggu yang kecil dan kurangnya sarana penunjang. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 menyebutkan bahwa bangunan klinik harus memenuhi standar fungsi, keamanan, kenyamanan, dan perlindungan kesehatan. Meskipun jumlah tenaga kesehatan di klinik sudah sesuai dengan regulasi, lonjakan pasien membuat mereka kewalahan. Proses pelayanan medis di Klinik Pratama Turangga harus memenuhi harapan pasien dalam hal kualitas pelayanan dan respons terhadap keluhan. Namun, temuan awal menunjukkan bahwa pelayanan untuk pasien BPJS Kesehatan kurang memadai dibandingkan dengan pasien umum. Output dari pelayanan ini adalah kepuasan pasien, yang sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan. Penelitian menunjukkan bahwa meskipun fasilitas fisik dinilai memuaskan, kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan masih rendah akibat kurangnya keramahan petugas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami makna dari masalah yang ada. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan di Klinik Pratama Turangga perlu perbaikan untuk memenuhi harapan pasien, terutama dalam hal keramahan petugas dan kesetaraan pelayanan antara pasien umum dan pengguna BPJS.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, BPJS, Input, Proses, Output, Kepuasan Pasien
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Melin Feby Matulessy - Personal Name
|
Student ID |
2003010279
|
Dosen Pembimbing |
MARIA MAGDALENA LINO - 196312071990032001 - Dosen Pembimbing 1
DELILA A NAHAK SERAN - 19880827 202321 2 048 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Ketua Penguji
Delila A Nahak Seran - 19880827 202321 2 048 - Penguji 1 I PUTU YOGA BUMI PRADANA - 19901227 201404 1 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 Mat E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |