Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema V Sub Tema I Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Oepunu Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema V Sub Tema I Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Oepunu Kabupaten Kupang

XML

Adapun yang menjadi tujuan penilitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IV SDN Oepunu Kabupaten Kupang, (2) Untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Oepunu Kabupaten Kupang, (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Oepunu Kabupaten Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data diperoleh dengan angket dan soal tes hasil belajar dalam pretest dan posttest pada kelas IV SDN Oepunu Kabupaten Kupang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan angket dan tes, angket digunakan untuk memperoleh motivasi belajar dan tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan (1) Ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap motivasi belajar siswa pada tema V sub tema I di kelas IV SDN Oepunu Kupang. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterima. (2) Ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada tema V sub tema I di kelas IV SDN Oepunu Kupang. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada tema V sub tema I di kelas IV SDN Oepunu Kupang. Hal ini dapat dilihat dari uji manova yang menunjukkan bahwa hasil dari nilai keempat p-value (sig) untuk pillai strace, walk’s lamda, hotelling’s trace dan roy’s largest root pada kelas memiliki signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada tema V sub tema I di kelas IV SDN Oepunu Kupang.
Kata kunci : Model Student Facilitator and Explaning, Motivasi, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Ivan Dedi Keiku - Personal Name
Student ID
1601140280
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 KEI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA