Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema V Sub Tema I Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Oepunu Kabupaten Kupang
XMLAdapun yang menjadi tujuan penilitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IV SDN Oepunu Kabupaten Kupang, (2) Untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Oepunu Kabupaten Kupang, (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Oepunu Kabupaten Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data diperoleh dengan angket dan soal tes hasil belajar dalam pretest dan posttest pada kelas IV SDN Oepunu Kabupaten Kupang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan angket dan tes, angket digunakan untuk memperoleh motivasi belajar dan tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan (1) Ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap motivasi belajar siswa pada tema V sub tema I di kelas IV SDN Oepunu Kupang. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterima. (2) Ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada tema V sub tema I di kelas IV SDN Oepunu Kupang. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada tema V sub tema I di kelas IV SDN Oepunu Kupang. Hal ini dapat dilihat dari uji manova yang menunjukkan bahwa hasil dari nilai keempat p-value (sig) untuk pillai strace, walk’s lamda, hotelling’s trace dan roy’s largest root pada kelas memiliki signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada tema V sub tema I di kelas IV SDN Oepunu Kupang.
Kata kunci : Model Student Facilitator and Explaning, Motivasi, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Ivan Dedi Keiku - Personal Name
|
Student ID |
1601140280
|
Dosen Pembimbing |
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 1 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 KEI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |