Skripsi
Gambaran Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hindu Saraswati
XMLPenelitian ini mengangkat masalah dalam perkembangan sosial emosional yang ada di TK Hindu Saraswati, dari masa peralihan Covid-19 yang membuat banyak anak lebih aktif dengan Handphone untuk mengakses tarian-tarian termasuk tarian modern melalui aplikasi TikTok. Dampak dari hal tersebut membuat banyak anak yang kurang berinteraksi dengan lingkungan sekitar rumah sampai dilingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana gambaran perkembangan sosial emosional anak 5-6 tahun melalui tarian daerah NTT di RK Hindu Saraswati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif, dimana dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun melalui tarian daerah NTT memiliki tiga indikator dimana pada masing-masing indikator memiliki sub-sub indikator.pada penelitian ini terlihat pada sub indikator memperlihatkan kesadaran diri untuk menyesuaikan diri dengan situasi, sub indikator mengatur diri sendiri, sub indikator bertanggung jawab atas perilaku untuk kebaikan diri sendiri dan sub indikator bersikap kooperatif dengan teman.
Kata kunci: Perkembangan; Sosial Emosional; Tarian Daerah
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Delice Nucke Putri Ndaomanu - Personal Name
|
Student ID |
1901180025
|
Dosen Pembimbing |
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Dosen Pembimbing 1
Engelbertus Nggalu Bali - 199905052019032019 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Credo G Betty - 199012152018032001 - Ketua Penguji
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Penguji 1 Engelbertus Nggalu Bali - 199905052019032019 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.07 Del N
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |