PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi Pada Nasabah Bank NTT Kantor Cabang Khusus Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi Pada Nasabah Bank NTT Kantor Cabang Khusus Kupang)

XML

Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui persepsi nasabah tentang pengaruh pemasaran berkelanjutan, pemasaran secara individu, dan program kerja sama terhadap loyalitas nasabah pada Bank NTT Kantor Cabang Khusus Kupang. 2) Untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh pemasaran berkelanjutan terhadap loyalitas nasabah pada Bank NTT Kantor Cabang Khusus Kupang. 3) Untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh pemasaran secara individu terhadap loyalitas nasabah pada Bank NTT Kantor Cabang Khusus Kupang. 4) Untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh program kerja sama berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank NTT Kantor Cabang Khusus Kupang. 5) Menganalisis dan menjelaskan pengaruh pemasaran berkelanjutan, pemasaran secara individu, danprogram kerja sama berpengaruh secarasimultan terhadap loyalitas nasabah pada Bank NTT Kantor Cabang Khusus Kupang. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank NTT Kantor Cabang Khusus Kupang pada tahun 2023 sebanyak 8008 orang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang merupakan nasabah pada Bank NTT Kantor Cabang Khusus Kupang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis uji t, uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan aplikasi SPSS 26.
Hasil Penelitian deskriptif menunjukan bahwa secara keseluruhan responden memberikan penilaian persepsi yang sangat baik terhadap pemasaran berkelanjutan, pemasaran secara individu dan program kerja sama. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 0,173 + 0,189 X1 + 0,554 X2 + 0,252 X3 + 0,443. Hasil uji t menunjukan bahwa 1) Variabel pemasaran berkelanjutan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 3,204. 2) Variabel pemasaran secara individu berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 8,638 . 3) Variabel program kerja sama berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah,dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,989. Terdapat pengaruh secara simultan antara pemasaran berkelanjutan, pemasaran secara individu dan program kerja sama terhadap loyalitas nasabah, dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 346,443. Angka Adjust R Square sebesar 0,913 menunjukkan bahwa sebesar 91,3% variabel loyalitas nasabah dipengaruhi oleh variabel independen sedangkan sisanya 8,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Untuk itu disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menambahkan variabel lain yang masih termasuk dalam dimensi customer relationship management yang juga bertujuan untuk meningkatkan loyalitas nasabah seperti antara people, process, dan technology.
Kata kunci : pemasaran berkelanjutan, pemasaran secara individu, program kerja sama


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
CHELZY PADJANGGA - Personal Name
Student ID
2003020047
Dosen Pembimbing
Drs. Abas kasim, M.Si - 19600414 198803 1 008 - - Dosen Pembimbing 1
ARJUNA PURBA - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Abas kasim, M.Si - 19600414 198803 1 008 - - Ketua Penguji
ARJUNA PURBA - - Penguji 1
Drs.Anthonius B. Mesakh, M.Si - 19620806 198803 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Administrasi Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 Pad P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA