Skripsi
Efektivitas Media Ular Tangga Edukasi Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPAS Pada Kelas IV SD Attin Namosain
XML
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keefektifan media ular tangga terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV dalam pembelajaran IPAS SD Attin Namosain. Jenis pendekatan Quasi Eksperiemental Design yakni Pretest Posttest Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel yaitu seluruh peserta didik kelas IV yang terdiri dari 44 peserta didik (22 peserta didik kelas kontrol dan 22 peserta didik kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan lembar observasi keterlaksanaan media pembelajaran. Berdasarkan analisis hasil data yang dilakukan menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,030<0,005, dengan taraf signifikan = 0,05(5%). Sementara untuk N-Gain Score untuk kelas eksperimen adalah 81,27 termasuk dalam kategori efektif. Terdapat pengaruh yang signifikan dari media ular tangga terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV dalam pembelajaran IPAS di SD Attin Namosain.
Kata Kunci: Media Ular Tangga, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SRI RAHAYU PUTRI HAYON - Personal Name
|
Student ID |
2001140105
|
Dosen Pembimbing |
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 HAY E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |