Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Geografi Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Geografi Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Kupang

XML

Hasil belajar siswa merupakan output dari proses belajar mengajar. Salah satu masalah dalam pembelajaran di sekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari data awal nilai ulangan tengah semester siswa yang masih berada di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model PBL (Problem Based Learning) pada kelas II IPS 2 SMA Negeri 3 Kupang. Subyek penelitian berjumlah 34 orang yang terdiri 13 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model John Elliott. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan observasi dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif yang diambil dengan teknik tes berupa lembar kerja peserta didik dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar kognitif sebesar 44% pada siklus I meningkat menjadi 88% pada siklus II. Sedangkan, hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 61% meningkat menjadi 80% pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 2,94% meningkat menjadi 82% pada siklus II .Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ANTONIUS KIA GOLON - Personal Name
Student ID
2001100034
Dosen Pembimbing
ARFITA RAHMAWATI - 199110122019032029 - Dosen Pembimbing 1
Agustinus Hale Manek - 199208282022031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
ARFITA RAHMAWATI - 199110122019032029 - Ketua Penguji
Agustinus Hale Manek - 19920828202231009 - Penguji 1
Sukmawati - 19890917 202203 2 006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 GOL I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA