Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Self Control (Pengendalian Diri) Siswa di SMA Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Self Control (Pengendalian Diri) Siswa di SMA Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang

XML

Self Control yang banyak terjadi seperti siswa kurang menunjukan perilaku yang terpuji seperti meremehkan peraturan, tidak disiplin di sekolah, tidak mentaati peraturan sekolah dan tidak bisa mengontrol diri misalnya siswa masih sering membanting meja, bangku dan berbicara kotor dengan teman-teman karena sering di ganggu pada saat berdoa dan berpendapat selain itu juga masih terdapat beberapa siswa yang berhura-hura atau tertawa pada saat teman berbicara di depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Self Control Siswa di SMA Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang (2) Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Self Control Siswa di SMA Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang (3) Faktor Pendukung dan Penghambat Guru BK dalam meningkatkan self control siswa di SMA Kristen Citra Bangsa Mandiri Kupang. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus, Informan penelitian ini adalah Guru BK, Siswa, dan Guru Wali Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yang peneliti gunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa : guru BK sebagai sahabat kepercayaan siswa, guru BK sebagai pembimbing, guru BK sebagai kunci dalam keseluruhan proses pendidikan, guru BK sebagai pengembangan (perseveratif) potensi diri,guru BK sebagai pencegahan (preventif) masalah. Untuk self control kemampuan mengontrol perilaku, kemampuan mengontrol stimulus, kontrol kognitif, kemampuan mengantisipasi suatu peristiwa atau kejadian, kemampuan menafsirkan peristiwa dan kejadian, kontrol keputusan. Faktor pendukung itu peran orang tua siswa, penghambat itu ada faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru BK dalam meningkatkan self control siswa yaitu dengan memberikan motivasi, bimbingan kelompok, konseling individual, tembok komitmen, arahan, dan beberapa layanan seperti layanan preventif atau mencegah masalah yang dialami oleh siswa dan layanan kuratif untuk membantu siswa meningkatkan self control siswa agar dapat mengontrol dirinya dengan baik

Kata Kunci : Peran Guru BK, Self Control, Siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ayu Priskila Nenabu - Personal Name
Student ID
1901160132
Dosen Pembimbing
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Dosen Pembimbing 1
Katharina E P Korohama - 199106232019032025 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Ketua Penguji
Katharina E. P. Korohama - 199106232019032025 - Penguji 1
Muhammad D. Pua Upa - 19610113 198601 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Nen P
Copyright
Individu Penulis
Doi
0

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA