Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Inpres Bandu

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Inpres Bandu

XML

studi ini bertujuan untuk mengetahui mengenai beberapa permasalahan: Bagaimana tingkat motivasi siswa kelas V SD Inpres Bandu, bagaimanan persepsi siswa tentang lingkungan sekolahnya, dan bagaimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Inpres Bandu.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SD Inpres Bandu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan variabel bebas lingkungan sekolah dan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket. Angket digunakan untuk memperoleh data lingkungan sekolah dan motivasi belajar peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik menggunakan rumus regresi.
Kajian ini menunjukan bahwa (1) tingkat motivasi belajar siswa kelas V SD Inpres Bandu berada dalam kategori “cukup”. Hal ini terlihat dari rata-rata skor data angket motivasi belajar yaitu 60,5 yang berada pada interval 50-64 dengan jumlah 18 siswa. (2) persepsi siswa kelas V tentang lingkungan sekolahnya berada dalam kategori “positif”. Hal ini terlihat dari rata-rata skor data angket lingkungan sekolah yaitu 60,5 yang berada pada interval 50-64 dengan jumlah 16 siswa. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel lingkungan sekolah (X) terhadap motivasi belajar (Y). Dibuktikan dengan persamaan Y= 23,810 + 0,619 dan hasil Uji Koefisien Regresi Sederhanamenunjukan t hitung 4.046 > t tabel 1.701 berarti signifikan sehingga hipotesis diterima.
Setelah mengetahui hasil penelitian ini dan mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Inpres Bandu, maka penulis menyarankan untuk memperlancar jalannya proses belajar mengajar di SD Inpres Bandu perlu adanya kerja diantara kepala sekolah, guru dan terutama siswa sebagai subjek belajar. Untuk meningkatkan kualitas hasil belajar hendaknya guru memberikan berbagai motivasi kepada siswa di dalam pembelajaran. Disarankan juga kepada para siswa dalam mengikuti pelajaran selalu memperhatikan keterangan yang diberikan oleh guru, juga mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam mengikuti pelajaran.

Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Erlen Bessie - Personal Name
Student ID
1601140087
Dosen Pembimbing
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA