IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA KARAKTER GOTONG ROYONG BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS X SMA NEGERI 1 MALAKA BARAT

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA KARAKTER GOTONG ROYONG BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS X SMA NEGERI 1 MALAKA BARAT

XML

Pendidikan di Indonesia saat ini menghadapi tantangan dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam aspek gotong royong. Implementasi Profil Pelajar Pancasila menjadi penting untuk menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki karakter sosial yang kuat. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan efektif, salah satunya melalui Project Based Learning (PjBL) dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan penerapan profil pelajar Pancasila karakter gotong royong menggunan PjBL di kelas X SMA Negeri 1 Malaka
Barat dan mendeskripsikan sikap positif siswa terhadap implementasi gotong royong menggunakan model PjBL di kelas X SMA Negeri 1 Malaka Barat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari informan melalui wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari data Sekolah.Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: ada beberapa tahapan Penerapan Profil Pelajar Pancasila Karakter Gotong Royong Menggunakan
Model Project Based Learning: Menyusun rencana pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan gotong royong, Menentukan proyek yang relevan dengan konteks pembelajaran PPKn, Memperkenalkan konsep karakter gotong royong kepada siswa, Memandu siswa dalam mengerjakan proyek berbasis pembelajaran, Melakukan penilaian terhadap penerapan nilai-nilai Pancasila dan gotong royong dalam proyek yang telah diselesaikan dan Memberikan umpan balik kepada siswa untuk pengembangan karakter mereka.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Asnat Bete Seran - Personal Name
Student ID
2001070063
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 19591211986011002 - Dosen Pembimbing 1
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Ketua Penguji
Prof.Dr.Drs.Petrus Ly, M.Si - 195912111986011002 - Penguji 1
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 ran I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA