PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGUNAKAN KERTAS ORIGAMI DI KELAS IV UPTD SD INPRES RSS OESAPA KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGUNAKAN KERTAS ORIGAMI DI KELAS IV UPTD SD INPRES RSS OESAPA KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pecahan melalui penerapan model pembelajaran matematika realistik berbantu media kertas origami. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Inpres RSS Oesapa Kota Kupang dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV berjumlah 25 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari beberapa tahap yairu perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi untuk mengetahui keaktivitas guru dan peserta didik dan teknik tes untuk mengetahui kemampuan peserta didik. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran mengunakan model pembelajaran matematika realistik berbantu media kertas origami dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini buktikan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II. Dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebelum melaksanakan penelitian 28% meningkat pada siklus I sebesar 56% sedangkan pada siklus II sebesar 88%. Pada aktivitas guru meningkat dari siklus I 73,3 menjadi 95 pada siklus II. Pada aktivitas peserta didik meningkat dari siklus I 76,25 menjadi 85,4 pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik berbantu media kertas origami dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pecahan.
Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika Realistik, Kertas Origami, Pecahan


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Liantry Rambu Babang - Personal Name
Student ID
2001140078
Dosen Pembimbing
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Ketua Penguji
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 1
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bab P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA