Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Di Kelas V SD GMIT Oeltua Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Di Kelas V SD GMIT Oeltua Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang

XML

Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari model Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA tentang sifat dan perubahan wujud benda di siswa kelas V SD GMIT Oeltua Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIT Oeltua yang berjumlah 48 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis yang akan digunakan untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA. Terbukti dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model Mind Mapping 79,17 lebih tinggi daripada persentasi nilai yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model konvensional yang hanya mencapai 53,96. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS versi 24 dilakukan dengan uji t atau student t test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi 3,569 > 2,021, Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antar variabel. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Mind Mapping.
Kata Kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Kla Karel Loban - Personal Name
Student ID
1601140048
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LOB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA