Skripsi
PENGARUH PENERAPAN COOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SUMBER ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI UPTD SD INPRES PALSATU
XMLPenelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas III UPTD SD Inpres Palsatu yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah sampel jenuh di mana semua populasi di jadikan sampel. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji normalitas menunjukan nilai signifikan sebesar 0.200 > 0,05 sehingga data berdistribusi normal, hasil uji homogenitas menunjukan ( sig ) Levene’s sebesar 0,236 > 0,05 sehingga data yang di peroleh bersifat homogen.
Selanjutnya hasil pengujian Hipotesis, Hasil pengujian hipotesis, menggunakan paired sampel T-test menunjukan bahwa nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,001. Hal ini menunjukan bahwa pada taraf signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan model Pembelajaran Cooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model Cooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil peserta didik pada materi Sumber Energi Dan Perubahannya di kelas III UPTD SD Inpres Palsatu.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Hengki Wula Male - Personal Name
|
Student ID |
2001140146
|
Dosen Pembimbing |
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.02 ale P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |