Peran Guru BK Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Flobamorata Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Guru BK Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Flobamorata Kupang

XML

Peran guru BK tidak hanya memberi motivasi agar siswa tetap semangat dalam belajar demi mengejar masa depan yang lebih baik, akan tetapi dapat mengarahkan merubah perilaku siswa menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penelitian ini menemukan peran guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Flobamorata Kupang yaitu dengan membuat program untuk mengetahui potensi siswa, memberi motivasi kepada siswa bermasalah agar mau berubah, guru BK memberikan bimbingan kepada siswa yang bermasalah, menilai perkembangan siswa untuk mengetahui adanya perubahan atau tidak, menyediakan layanan konsultasi agar mengetahui penyebab masalah dari siswa, berkoordinasi dengan pihak lain agar bisa mengatasi kenakalan siswa, dan menyediakan layanan konseling di ruang BK untuk mengetahui akar dari masalah siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran guru BK, kendala-kendala yang dihadapi, dan solusi mengatasi kendala guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, pendekatan kualitatif deskpritif, informan penelitian adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan dalam data kualitatif, yaitu pemaparan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik.
Peran guru BK untuk mengatasi kenakalan siswa dengan membuat program untuk mengetahui potensi siswa, memberikan motivasi kepada siswa bermasalah agar bisa berubah, guru BK harus memberikan bimbingan kepada siswa yang bermasalah, menilai perkembangan siswa untuk mengetahui adanya perubahan atau tidak, menyediakan layanan konsultasi agar mengetahui penyebab masalah dari siswa, berkoordinasi dengan pihak lain agar bisa mengatasi kenakalan siswa, dan menyediakan layanan konseling di ruang BK untuk mengetahui akar dari masalah siswa.

Kata kunci: Peran Guru Bimbingan Konseling, Kenakalan Siswa, Sekolah Menengah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Oktovianus Mario Falo - Personal Name
Student ID
1901160067
Dosen Pembimbing
M.D. Pua Upa - 196101131986011001 - Dosen Pembimbing 1
I Putu Agus Apriliana - 199404072022031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Muhammad D. Pua Upa - 19610113 198601 1 001 - Ketua Penguji
I Putu Agus Apriliana - 199404072022031007 - Penguji 1
Khetye Romelya Saba - 197901092008122002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 FAL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA