PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI PESERTA DIDIK DAN ANGGOTA KELUARGA DI KELAS IV SD KOMUNITAS KRISTEN TUNAS GLORIA KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI PESERTA DIDIK DAN ANGGOTA KELUARGA DI KELAS IV SD KOMUNITAS KRISTEN TUNAS GLORIA KOTA KUPANG

XML

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi hak dan kewajiban sebagai peserta didik dan anggota keluarga melalui model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah Teknik deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subjek penelitian 16 orang, yakni 12 orang laki-laki 4 orang Perempuan. Penelitian ini dilakasanakan di SD Komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang dengan hasil penelitian bahwa kegiatan pra-siklus, skor dari 16 subjek penelitian yang tuntas 4 orang siswa dengan presentase (25%) dan yang tidak tuntas 12 orang siswa dengan presentase (75%). Sedangkan hasil penelitian siklus I dari 16 orang. yang tuntas 7 orang presentase ( 43,75%) dan yang tidak tuntas 9 orang dengan presentase (56,25%). Siklus II mengalami peningkatan , yang tuntas 14 orang dengan presentase ketuntasan (87,5%) dan yang tidak tuntas 2 orang dengan presentase (12,5%). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tentang hak dan kewajiban sebagai peserta didik dan anggota keluarga di kelas IV SD
Komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang.

KataKunci : Problem Based Learning, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Herman Ndun - Personal Name
Student ID
2001140069
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ndu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA