Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V SD Inpres Tuadale Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V SD Inpres Tuadale Kabupaten Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang siklus air di kelas V SD Inpres Tuadale melalui metode Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres Tuadale kabupaten kupang yang berjumlah sebanyak 13 orang peserta didik terdiri dari 8 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Pada pra-siklus, data awal menunjukkan bahwa hasil belajar 4 orang yang tuntas (30,76%), sedangkan 9 orang yang belum tuntas (69,23%). Hasil
penelitian tes siklus I terdapat 8 orang yang tuntas (61,5%) sedangkan 5 orang lainnya (38,4%) belum tuntas. Pada siklus II sebanyak 12 orang (92,3%) yang tuntas sedangkan 1 orang (7,6%) lainnya belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapkan model project based learning dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas V SD Inpres Tuadale Kabupaten Kupang.
Kata kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yuni Kristin Kamaleng - Personal Name
Student ID
2001140189
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
Netty E. A Nawa - 197809292024212001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Uni P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA