Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V SD Inpres Tuadale Kabupaten Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang siklus air di kelas V SD Inpres Tuadale melalui metode Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres Tuadale kabupaten kupang yang berjumlah sebanyak 13 orang peserta didik terdiri dari 8 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Pada pra-siklus, data awal menunjukkan bahwa hasil belajar 4 orang yang tuntas (30,76%), sedangkan 9 orang yang belum tuntas (69,23%). Hasil
penelitian tes siklus I terdapat 8 orang yang tuntas (61,5%) sedangkan 5 orang lainnya (38,4%) belum tuntas. Pada siklus II sebanyak 12 orang (92,3%) yang tuntas sedangkan 1 orang (7,6%) lainnya belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapkan model project based learning dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas V SD Inpres Tuadale Kabupaten Kupang.
Kata kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yuni Kristin Kamaleng - Personal Name
|
Student ID |
2001140189
|
Dosen Pembimbing |
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
Netty E. A Nawa - 197809292024212001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Uni P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |