Komunikasi Persuasif Antara Penjual Dan Pembeli Di Pasar Tradisional Inpres Naikoten 1

Detail Cantuman

Skripsi

Komunikasi Persuasif Antara Penjual Dan Pembeli Di Pasar Tradisional Inpres Naikoten 1

XML

Para penjual di pasar tradisional harus memiliki kemampuan persuasif tinggi agar dapat bersaing dengan pedagang lainnya, Dengan terjalinnya komunikasi persuasif yang efektif, pembeli juga merasa lebih nyaman dengan para penjual sehingga kemungkinan untuk melakukan transaksi menjadi lebih besar, Khususnya dalam merebut hati calon pembeli melalui proses negosiasi harga maupun barang dagangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi persuasif antara penjual dan pembeli di Pasar Inpres Naikoten 1 Kota Kupang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Hugh Rank. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Penjual di pasar Inpres Naikoten 1 menggunakan strategi intensifikasi untuk menonjolkan keunggulan produk dan strategi penurunan untuk mengurangi perhatian pada kekurangan produk. Pengulangan keunggulan produk, asosiasi dengan kualitas tinggi, dan penataan visual yang menarik adalah teknik umum yang digunakan untuk meyakinkan pembeli. Di sisi lain, penjual mungkin menghindari pembicaraan tentang kekurangan produk atau menggunakan pengalihan dan kebingungan untuk mempertahankan perhatian pada aspek positif. Pembeli yang berbelanja di Pasar Inpres Naikoten 1 menggunakan strategi intensifikasi untuk memastikan produk yang mereka beli berkualitas dan segar, dengan sering bertanya dan mengaitkan pembelian dengan reputasi penjual yang baik. Mereka juga menekankan aspek visual produk untuk memastikan kualitas. Selain itu, pembeli menggunakan strategi penurunan untuk menghindari informasi negatif tentang produk atau mengalihkan pembicaraan dari aspek negatif, serta menciptakan sedikit kebingungan untuk mendapatkan penawaran yang lebih baik. Dengan menggunakan teori Hugh Rank, baik penjual maupun pembeli dapat secara efektif memanipulasi informasi untuk mencapai tujuan masing-masing. Penjual berusaha untuk meningkatkan penjualan dengan menekankan keunggulan produk, sementara pembeli berusaha mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik melalui pendekatan yang cerdas dan persuasif.
Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Penjual, Pembeli, Pasar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2003050219
Dosen Pembimbing
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Dosen Pembimbing 1
Roky K Ara - 199303102022031006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Ketua Penguji
Roky K Ara - 199303102022031006 - Penguji 1
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 MAN K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA