STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBINA DAN MEMBUDAYAKAN TATA KRAMA SOPAN SANTUN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBINA DAN MEMBUDAYAKAN TATA KRAMA SOPAN SANTUN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan 1) bagaimana bentuk-bentuk strategi guru PPKn dalam membina dan membudayakan tata krama sopan santun kepada siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Kupang 2) bagaimana hambatan dalam membina dan membudayakan tata krama sopan santun oleh Guru
PPKn kepada siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Kupang? 3) Bagaimana dampak sikap positif siswa setelah diadakan pembinaan dan pembudayaan tata krama di kelas?
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini merupakan metode yang digunakan meneliti suatu objek dengan menghimpun,menggambarkan dan menganalisis data dan fakta secara menarik dalam suatu kejadian atau peristiwa yang nyata dilapangan melalui informasiinformasi dari para informan.
Hasil penelitian menunjukan beberapa hal sebagai berikut: 1). Di SMP Negeri 17 Kupang peserta didik masih menyepelehkan bentuk tata krama sopan santun yang diberikan oleh guru PPKn dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas maupun diluar kelas, terbukti dari hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan masih banyak ditemukan karakter sopan santun siswa-siswi yang masih sangat rendah dalam membangun komunikasi dengan guru dan sesama siswa di sekolah. 2) Dalam memebntuk krakter tata krama sopan satun anak orang tua menpunyai perang yang penting karena orang menjadi bagaian keluarga yang menjadi dasar dalam pembentukan krakter sopamn santun, Namun kenyataan yang ditemukan kebanyakan orang tua siswa sibuk dengan urusan pribadi sehingga kurang perhatian terhadap anak seperti membentuk krakter sopan santun dilingkungan keluarga. 3) Dampak sikap positif setelah diadakan pembinaan dan pembudayaan tatakrama sopan santun dikelas VIII SMP Negeri 17 Kota Kupang nampaknya penerapan tata karama sopan santun oleh Guru PPKn dan guru-guru seperti memberikan arahan ketika apel pagi sebelum memulai pembelajaran hal ini dilakukan secara terus menerus oleh Guru PPkn dan Guru-guru sehingga mendapatkan dampak positif seperti siswa saling menyapa satu sama lain, saling mengahargai antara siswa-siswi, serta menghormati bapak ibu guru.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dison Tlaan - Personal Name
Student ID
2001070042
Dosen Pembimbing
Prof. Dr. Drs. Petrus Ly, M. Si - 19591211 19801 002 - Dosen Pembimbing 1
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Prof.Dr.Drs.Petrus Ly, M.Si - 195912111986011002 - Penguji 1
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 aan S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA