PELAKSANAAN PENDIDI KAN POLITIK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DEMOKRATIS SISWA SMPN 4 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PELAKSANAAN PENDIDI KAN POLITIK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DEMOKRATIS SISWA SMPN 4 KUPANG

XML

Atama, Jon Tomas (2024. “Pelaksanaan Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran
PPKn Untuk Membentuk Karaktar Demokrasi Siswa di Smp Negeri 4 Kupang”.
(Thomas Kemil Masi, S.Pd,.M.Pd sebagai pembimbing I dan Dorkas Y.A Kale,
S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru Pendidikan Pancasila dan
kewarganegaraan dalam membentuk karakter demokrasi siswa dan strategi yang di gunakan
guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanamkan karakter demokrasi
siswa. Alasan peneliti melakukan penelitian ini karena masih banyak siswa yang tidak terlibat
dalam pengambilan keputusan yang memengaruhi kehidupan sekolah, seperti peraturan kelas
dan kegiatan ekstrakurikuler, yang berdampak pada rendahnya rasa tanggung jawab dan
partisipasi aktif mereka dalam proses demokrasi. Selain itu, banyak siswa yang belum
sepenuhnya memahami hak-hak mereka sebagai warga negara dan kewajiban dalam sistem
demokrasi, disebabkan oleh kurangnya pendidikan yang memadai tentang hak asasi manusia
dan tanggung jawab sosial. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif
kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh langsung dari informan melalui wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari
data Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
(PPKn) memainkan empat peran kunci dalam membentuk karakter demokrasi siswa: sebagai
demonstrator, pengelola kelas, mediator, dan evaluator. Dalam upaya menanamkan karakter
demokrasi, guru PPKn menerapkan berbagai strategi, termasuk pembelajaran berbasis
diskusi, kooperatif, studi kasus, dan simulasi. Selain itu, mereka memanfaatkan media
interaktif, proyek nyata, kisah inspiratif, debat terstruktur, dan kegiatan luar kelas. Refleksi
diri dan teknologi digital juga digunakan untuk memperkaya pemahaman siswa tentang nilainilai demokrasi serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Pendidikan Politik, Pembelajaran PPKn, Karakter Demokrasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
JON TOMAS ATAMA - Personal Name
Student ID
2001070118
Dosen Pembimbing
THOMAS KEMIL MASI, S.Pd.,M.pd - - Dosen Pembimbing 1
DORKAS Y.A. KALE, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
87205 AMA P
Copyright
UNIVERSITAS NUSA CENDANA
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA