Skripsi
Penerapan Model Project Based Learing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Membuat Pantun Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 1 Kota Kupang
XMLMasalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 1 dalam Membuat Pantun pada Pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model Project Based Learning, tujuan dari penelitian ini ialah Untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Membuat Pantun Pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya yakni observasi pada aktivitas guru dan peserta didik, serta hasil tes belajar dengan subjek sebanyak 28 orang peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Dengan hasil analisis, data diperoleh bahwa aktivitas guru pada siklus I sebesar 60,7 % (kategori kurang) dan pada siklus II meningkat sebesar 89,3 % (kategori baik sekali). Sedangkan aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 61,1 % (kategori cukup), dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,9 % (kategori baik sekali). Aktivitas guru dan peserta didik mengalami peningkatan pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 61 % (kategori cukup) belum mencapai standar ketuntasan karena pada siklus I terdapat beberapa peserta didik yang tidak fokus dan kurang aktif saat mengikuti pembelajaran, beberapa peserta didik tidak mendengar penjelasan guru saat pembelajaran berlangsung, adapula yang membuat kelas menjadi ribut sehingga mengganggu proses pembelajaran. Hal ini mengalami perbaikan pada siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 93% (kategori baik sekali) yang dilihat dengan adanya keaktifan dan fokus peserta didik selama pembelajaran, peserta didik juga mulai mendengar penjelasan guru, dan menjaga ketertiban selama pembelajaran berlangsung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Membuat Pantun pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 1 Kota Kupang sudah tercapai.
Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
VINNY CARMILA MIHA BALO - Personal Name
|
Student ID |
2001140112
|
Dosen Pembimbing |
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 199204302020122016 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Alex Djawa - 196108051993031001 - Ketua Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 1 Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 BAL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |