PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII B SMP NEGERI 19 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII B SMP NEGERI 19 KUPANG

XML

Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 20 Mei dan 22 Mei 2024 di SMP Negeri 19 Kupang. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui literasi lingkungan dan hasil belajar siswa dalam materi pencemaran lingkungan kelas VII B SMP Negeri 19 Kupang melalui penggunaan media video animasi.
Prosedur penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan secara siklusitas melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (acting), tahap pengamatan (observing), dan tahap refleksi (reflection). Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII B dengan jumlah 31 orang di SMP Negeri 19 Kupang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup data observasi guru dan siswa, data literasi lingkungan, data tes hasil evaluasi, dan dokumentasi.
Penggunaan media video animasi untuk meningkatkan literasi lingkungan hasil belajar siswa dalam materi pencemaran lingkungan kelas VII B SMP Negeri 19 Kupang, dapat meningkatkan literasi lingkungan dan hasil belajar siswa dan dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yang awalnya memperoleh persentase 59,28% dan siklus II meningkat menjadi 83,92%, dengan kriteria sangat aktif. Sedangkan untuk observasi guru siklus I 78,6% mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 92,85 dengan kriteria sangat aktif. Sementara hasil tes siswa yang awalnya persentase kelas 32,25% dengan nilai rata-rata 66,00% mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase kelas 83,87% dengan nilai rata-rata 80,00%. Sedangkan untuk penilaian literasi lingkungan sikap dan perilaku pada siklus I mendapatkan nilai rata - rata 48,38% dengan kriteria kurang, dan untuk penilaian pengetahuan dan keterampilan siklus I mendapatkan nilai rata-rata 73,83% dengan kategori tinggi. Dan penilaian literasi lingkungan untuk sikap dan perilaku masih sangat kurang sehingga peneliti melanjutkan pembelajaran pada siklus II dan mendapatkan nilai literasi lingkungan meningkat pada penilaian sikap dan perilaku yaitu 66,52% dengan kategori tinggi, sedangkan untuk penilaian pengetahuan dan keterampilan pada siklus II memperoleh nilai 94,26% dengan kategori sangat tinggi.


Kata Kunci : Literasi Lingkungan, Hasil Belajar, Media Video Animasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yulita Tlonaen - Personal Name
Student ID
2001040081
Dosen Pembimbing
Dr. Moses K. Tokan, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Andam S. Ardan, S.Si.,M.Si. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 tlo. p
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA