PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE ) DIPADU STRATEGI BELAJAR NOTE TAKING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA SMP NEGERI 9 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE ) DIPADU STRATEGI BELAJAR NOTE TAKING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA SMP NEGERI 9 KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi siswa melalui pengaruh model pembelajaran SSCS dipadu strategi belajar Note Taking pada materi sistem peredaran darah pada manusia kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Kupang Tahun Ajaran 2023/2024.
Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Dengan desain yang digunakan pretest-postest control group design. Yang mana menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen mengunakan model pembelajaran SSCS strategi belajar Note Taking dan kelas kontrol menggunakan model pembalajaran konvensional yang pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampling, dengan instrumen penilaian yang digunakan yaitu soal pilihan ganda dan soal essay. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest-postest dari kedua kelas tersebut dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t-test dengan didahulukan dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan hasil perlakuan terhadap kedua kelas tersebut didapati nilai normalitas pretest-postest kelas eksperimen (0,55> 0,05) dan (0,200> 0,05) sedangkan pada uji homogenitas pada pretest kelas kontrol-eksperimen (0,351> 0,05) dan postest kelas kontrol-eksperimen (0,391> 0,05) sehingga data berdistribusi normal dan homogen, serta rata-rata hasil kemampuan literasi postest pada kelas kontrol yaitu 37,16 berada pada kriteria kurang sedangkan hasil rata-rata postest pada kelas eksperimen yaitu 50,25 berada pada kriteria baik, dan didukung oleh hasil uji T-Test dengan hasilnya yaitu adanya pengaruh model pembelajaran SSCS dipadu strategi belajar Note Taking. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran SSCS dipadu strategi belajar Note Taking dapat mempengaruhi literasi siswa meningkat pada kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Kupang.

Kata kunci: Kemampuan Literasi, Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (sscs) dipadu strategi belajar Note Taking.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001040040
Dosen Pembimbing
Dr. Yusnaeni, S.Pd., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Drs. Mario J. Santrum, M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Ban.P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA