Skripsi
Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Tentang Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDK Tanah Boleng
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 2 Subtema 1 kelas IV SDK Tanah Boleng. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV berjumlah 15 orang dengan rincian 5 laki-laki dan 10 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDK Tanah Boleng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan langkah-langkah model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas 70 meningkat menjadi 88,3 pada siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 18,3. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 66,6% meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan peningkatan persentase 33,4%. Aktivitas siswa pada siklus I 70,1 menjadi 86,3 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 16,2. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning pada Tema 2 “Selalu Berhemat Energi”, Subtema 1 “Sumber Energi”, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDK Tanah Boleng. Kata kunci:, Contextual Teaching and Learning, Sumber Energi, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Marianus Emilitas Tokan - Personal Name
|
Student ID |
1601140034
|
Dosen Pembimbing |
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 TOK P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |