Budaya Politik Patriarki Studi Tentang Akses Pendidikan Bagi Masyarakat Adat Desa Boti Di Kabupaten Kie

Detail Cantuman

Skripsi

Budaya Politik Patriarki Studi Tentang Akses Pendidikan Bagi Masyarakat Adat Desa Boti Di Kabupaten Kie

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pendidikan antara anak laki-laki dan perempuan yang terjadi di desa Boti Nusa Tenggara Timur dan mengetahui dampak budaya patriarki terhadap kesenjangan gender dan Pendidikan anak perempuan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui orang tua, tokoh masyarakat dan kepalasuku. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display, kesimpulan dan verifikasi.Teknik pemeriksaan data dengan trianggulasi data sumber dan teknik, meningkatkan ketekunan dan perpanjangan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan anak laki-laki dan perempuan di Boti Nusa Tenggara Timur dipengaruhi oleh budaya patriarki yang menimbulkan kesenjagan antara anak laki-laki dan perempuan antara lain: (a) anak laki-laki diprioritaskan karena merupakan anak suku atau pewaris suku, (b) sedangkan anak perempuan disubordinasi karena orang tua merasa dirugikan jika menyekolahkan anak perempuan, sebab pasca menikah orangtua tidak mempunyai hak atas kehidupan anak perempuan. Adat istiadat boti berdasarkan paham patriarki, berdampak pada kesenjangan genderoleh karena beberapa kesenjangan yang juga mempengaruhi pendidikan anak perempuan, diantaranya: (a) kesenjangan kedudukan antara anak laki-laki dan perempuan di masyarakat, (b) kesenjangan pengambilan keputusan,(c)kesenjangan hak dan kewajiban antara anak laki-laki dan perempuan, (d)perbedaan tugas antara anak laki-laki dan perempuan, (e) serta nilai anak dan peran budaya dalam mendidik anak di rumah. Dampak budaya patriarki terhadap pendidikan anak perempuan di Botia dalah, kurangnya perhatian dan prioritas orangtua akan pendidikan anak perempuan yang berimplikasi pada keterbelakangan anak perempuan di Boti.

Kata kunci :Budaya Patriarki, pendidikan anak perempuan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ARIO KADJA - Personal Name
Student ID
2003040004
Dosen Pembimbing
ESRAH DISYON NINO AM BENU - 197912042009121003 - Dosen Pembimbing 1
Diana S. A. N. Tabun - 198612242023212030 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Esrah D. N. A. Benu - 197912042009121003 - Ketua Penguji
Diana S. A. N. Tabun - 198612242023212030 - Penguji 1
yeftha y. sabaat - 198905062019031016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 KAD B
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA