MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA DENGAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 NAGAWUTUNG

Detail Cantuman

Skripsi

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA DENGAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 NAGAWUTUNG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Nagawutung dengan menerapkan metode Experiential Learning yang diintegrasikan dengan model Discovery Learning. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya motivasi belajar fisika di kalangan siswa, yang disebabkan oleh anggapan bahwa fisika adalah mata pelajaran yang sulit karena banyak mengandung persamaan matematis dan rumus. Experiential Learning dipilih karena metode ini memberikan pengalaman belajar langsung kepada siswa, memungkinkan mereka untuk mengalami dan mengamati fenomena fisika secara nyata, sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika yang abstrak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melibatkan beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket motivasi belajar siswa, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan mencakup lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta angket motivasi yang berfokus pada berbagai indikator motivasi seperti minat, partisipasi aktif, dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, rata-rata motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang, dengan persentase 66,40%. Setelah dilakukan perbaikan dan implementasi lanjutan pada siklus II, motivasi belajar siswa meningkat menjadi 80,19%, yang termasuk kategori tinggi. Faktor utama yang mempengaruhi peningkatan ini adalah keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran melalui pengumpulan data, eksperimen, dan refleksi, yang didukung oleh model Discovery Learning. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode Experiential Learning melalui model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan motivasi belajar fisika. Siswa menjadi lebih aktif, tertarik, dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran. Pengalaman belajar langsung dan keterlibatan siswa dalam penemuan konsep fisika berkontribusi positif terhadap peningkatan motivasi dan pemahaman siswa.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Experiential Learning, Discovery Learning, Fisika, Penelitian Tindakan Kelas.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Siti Atma Asi - Personal Name
Student ID
2001050041
Dosen Pembimbing
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Welhelmina Kameo- 199304182024212054 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Asi M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA