Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Rantai Makanan Di Kelas V Sd Gmit Airnona 1 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Rantai Makanan Di Kelas V Sd Gmit Airnona 1 Kupang

XML

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD GMIT Airnona 1 Kupang semester II tahun ajaran 2020/2021. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 peserta didik dan kelas V B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22. Sampel diambil dengan menggunakan sampel random sampling teknik acak kelas dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata didalam populasi itu.
Sesuai dasar pengambilan keputusan dalam Uji Independent Sampel t-Test. ternyata sig-nya mendapat 0,000 (:2) berarti: 0,000 < 0,025 maka Ha diterima. Dan ternyata t-tabel = df, α/2 (42, 0,025), berarti: t-tabel = 2.00 < t-hitung = 11.022, maka Ha diterima, yang artinya bahwa ada pengaruh model example non example terhadap hasil belajar. Dengan selisih mean antar kedua data adalah 30.455 (eksperimen = 75.91 dan kontrol = 45.45) yang berarti model example non example lebih berpengaruh daripada model konvensional.
Dengan demikian model ini terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan model example non example pada kelas eksperimen mencapai 75.91 Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model student konvensional mencapai rata-rata 45.45. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Example Non Example berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar materi rantai makanan dikelas V SD GMIT Airnona 1 Kupang.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Example Non Example, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Alfin I. P. Udju Lomi - Personal Name
Student ID
1601140131
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Maksel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Maksel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 Kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA