Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Keberagaman Budaya Siswa Kelas V SD Pelangi Manulai II

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Keberagaman Budaya Siswa Kelas V SD Pelangi Manulai II

XML

Skripsi oleh Silviani Gratia Riski Seran, NIM 2001140104 berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Keberagaman Budaya Siswa Kelas V SD Pelangi Manulai II. Dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SD Pelangi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Pelangi yang berjumlah 12 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel total atau sampling jenuh. Instrumen penelitian ini yaitu tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan realibitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan digunakan untuk uji hipotesis. Selanjutnya hasil pengujian Hipotesis, menggunakan paired sample T-test dimana menunjukan bahwa nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,001. Hal ini menunjukan bahwa nilai taraf signifikan (2-tailed) < 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan jika nilai sig. (2 tailed) < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest-posttest. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model Tipe Make A Match terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila materi keberagaman budaya siswa kelas V SD Pelangi Manulai II.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001140104
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - NIDK 8821723420 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 SER P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA