Pengaruh Model Pembelajara Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 5 Poco Ranakaa

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajara Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 5 Poco Ranakaa

XML

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control grup design yang dilaksanakan di SMAN 5 Poco Ranaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar fisika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMAN 5 Poco Ranaka, yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 29 orang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Data kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari instrument soal essay pre-test dan post-test, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari instrument soal pilihan ganda pre-test dan post-test.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t untuk kemampuan berpikir kreatif siswa dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh yaitu 0,000 < 0,05, Sedangkan hasil analisis data menggunakan uji-t untuk hasil belajar siswa dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh yaitu 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis penelitian, dapat disimpulkan: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar siswa, 3) Kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan 4) Hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Fluida Dinamis (Hukum Bernoulli).

Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Fisika.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901050029
Dosen Pembimbing
FAKHRUDDIN - 196812261994031002 - Dosen Pembimbing 1
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Vinsensius Lantik - 197901292008121001 - Ketua Penguji
Fakhruddin - 196812261994031002 - Penguji 1
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Dur S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA