Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Hawu Mehara

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Hawu Mehara

XML

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajran Fisika Siwa Kelas X MIPA SMA Negeri I Hawu Mehara
(Welhelmina Bangngu Ludji1; Marsi D.S Bani2; Welhelmina Kameo3; I Wayan Sukarjita3)

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi ekprimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group desain yang dilaksanakan di SMA Negeri I Hawu Mehara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetaui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman profil pelajar pancasila daalam pembelajaran fisika siswa kelas X MIPA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri I Hawu Mehara tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dari keseluruhan kelas X MIPA SMA Negeri I Hawu Mehara yaitu kelas MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 27 orang yang diajarakn dengan model pembelajran berbasis ceramah dan kelas MIPA 2 sebagai kelas eksprimen dengan jumlah siswa 27 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Data pemahaman profil pelajar pancasila dalam pembelajaran fisika ini diperoleh dari instrument soal essay pre-test dan post-test serta instrumen observasi siswa.
Pemahaman profil pelajar pancasila siswa diperoleh dari hasil pre-test dan post- test pada kelas ekprimen dan kelas kontrol beserta hasil observasi pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen kemudian dilanjutkan dengan menggunakan uji t diketahui terdapat pengaruh yang siginifikan dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman profil pelajar Pancasila siswa dengan nilai signifikan 2.tailed < t taraf signifikan 0,05 diperoleh yaitu 0,00< 0,05 dan dibuktikan pada setiap nilai indikator profil pelajar Pancasila siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning.dibandingkan keadan sebelum diterapkan model pembelajaran tersebut. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran fisika siswa
Kata kunci : model pembelajaran PBL, profil pelajar Pancasila, pemebelajaran fisika.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Welhelmina Bangngu Ludji - Personal Name
Student ID
1901050018
Dosen Pembimbing
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Welhelmina Kameo - 199304182024212054 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Ketua Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 1
Welhelmina Kameo - 199304182024212054 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Dji P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA