ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN SEPEDA MOTOR SERTA PEMODELAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN DI KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN SEPEDA MOTOR SERTA PEMODELAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN DI KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor utama yang menyebabkan
kecelakaan sepeda motor serta membuat pemodelan kecelakaan. Data penelitian diperoleh dari
laporan Polisi Satuan Lalulintas Polres Kupang dari tahun 2020 sampai 2023 khusus untuk 10 ruas
jalan tinjauan. Untuk karakteristik kecelakaan di kota Kupang berdasarkan jumlah kecelakaan
sepeda motor untuk 10 ruas jalan tinjaun untuk korban kecelakaan berdasarkan tingkat keparahan
yaitu korban luka ringan dengan kasus tertinggi terjadi pada tahun 2023 sebanyak 199 kasus.
Berdasarkan jenis kelamin laki-laki tertinggi terjadi pada tahun 2023 sebanyak 148 kasus.
Berdasarkan tipe tabrakan kasus tertinggi yaitu tabrak depan terjadi pada tahun 2021 sebanyak 87
kasus. Berdasarkan interval waktu tertinggi pukul 18.00-23.59 wita terjadi pada Tahun 2023, yaitu
sebanyak 69 kasus. Untuk faktor utama penyebab kecelakaan yaitu faktor manusia sebanyak 116
kasus pada tahun 2020.Hasil olah data dari Satlantas faktor utama penyebab kecelakaan yaitu
faktor manusia sebanyak 116 kasus pada tahun 2020. Untuk pemodelan Berdasarkan tipe tabrakan
dengan
variabel
volume
TD=17,900EXP(49,900Kec+14,220LBLajur+1,870LBBahu),TB=3,400EXP
(49,900Kec+14,220LBLajur+1,870LBBahu), dan KK= 5,800EXP (49,900Kec+14,220LBLajur+1,870LBBahu), untuk pemodelan
TD=17,900EXP(68,500TP+49,900Kec+14,220LBLajur+1,870LBBahu),,TB=3,400EXP(68,500TP+49,900Kec+14,220LBLajur+1,87
0LBBahu), KK=5,800EXP(68,500TP+49,900Kec+14,220LBLajur+1,870LBBahu). Untuk interpertasi model kecelakaan,
pengaruh tingkat pelayanan TD sebesar 37,8%, TB sebesar 60% dan KK sebesar 88%, pengaruh
kecepatan TD sebesar 85%, TB sebesar 73% dan KK sebesar 65%, pengaruh lebar lajur TD
sebesar 11%, TB sebesar 17% dan KK sebesar 7% dan pengaruh lebar bahu TD sebesar 21,5%,
TB sebesar 80% dan KK sebesar 24%.
Kata kunci: Pemodelan Kecelakaan, Generalized Linear Models


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1906010104
Dosen Pembimbing
MARGARETH EVELYN BOLLA - 198102162006042002 - Dosen Pembimbing 1
ELIA HUNGGURAMI - 198004122005011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
John H. Frans - 197506022001121002 - Ketua Penguji
Margareth Evelyn Bolla - 198102162006042002 - Penguji 1
Elia Hunggurami - 198004122005011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 TAM A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA