PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN PPT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUPANG TIMUR PADA MATERI POLINOMIAL

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN PPT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUPANG TIMUR PADA MATERI POLINOMIAL

XML

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi polinomial. Pembelajaran yang masih terpusat pada guru membuat kurangnya keterlibatan siswa untuk berpartisipasi aktif dan penggunaan media pembelajaran oleh guru terlihat kurang maksimal. Dengan demikian, diperlukan model pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran yang lebih optimal agar membangun keterlibatan siswa dalam berpartisipasi aktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Timur dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan PPT interaktif pada materi polinomial.
Penelitian ini dilakukan dengan prosedur penelitian yang didasari pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu perencanaan (plan), tindakan (act), observasi (observe), serta refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan analisis datanya berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I adalah 61,9% terlihat meningkat menjadi 80,95% pada siklus II. Sementara untuk hasil observasi aktivitas guru saat mengajar pada siklus I memperoleh persentase 89,7% terlihat meningkat menjadi 92,5% pada siklus II dan hasil observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 84,06% meningkat menjadi 89,3% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi polinomial dengan berbantuan PPT Interaktif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Timur.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maher Fredik Fangidae - Personal Name
Student ID
1901030093
Dosen Pembimbing
Siprianus Suban Garak - 196512311992031027 - Dosen Pembimbing 1
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Imelda H. E. Rimo - 19890603 20232 1 004 - Ketua Penguji
Dr. Siprianus Suban Garak - 19651231 199203 1 027 - Penguji 1
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 Ger M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA