Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI PUSKESMAS NAIONI TAHUN 2024
XMLKualitas pelayanan merupakan ujung tombak pemanfaatan fasilitas kesehatan secara maksimal oleh pengunjung/pasien. Berdasarkan survei pendahuluan dan wawancara kepada pasien pengguna JKN yang juga dilakukan peneliti ditemukan ketidakpuasan pasien pada dimensi kehandalan, bukti fisik, daya tanggap, jaminan, dan empati,masih ditemukan adanya keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pasien tentang petugas yang datang terlambat, pelayanan yang masih berbelit-belit, ruang tunggu terlalu sempit, antrian loket terlalu lama, dan kurangnya sarana prasana seperti tempat duduk di ruang tunggu yang masih terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna JKN di Puskesmas Naioni. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif analitik
menggunakan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 86 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara dimensi kehandalan (p=0,000), dimensi bukti fisik (p=0,023), dimensi daya tanggap (p=0,000), dimensi jaminan (p=0,009), dan dimensi empati (p=0,003) terhadap kepuasan pasien pengguna JKN di Puskesmas Naioni. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna JKN di Puskesmas Naioni. Disarankan bagi Puskesmas Naioni agar dapat memperhatikan kualitas pelayanan pasien pengguna JKN untuk mencapai hasil yang maksimal dengan meningkatkan dimensi kehandalan, bukti fisik, daya tanggap, jaminan, dan empati.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Puskesma
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Handayanti Bire Kaho - Personal Name
|
Student ID |
2007010175
|
Dosen Pembimbing |
RINA WATY SIRAIT - 198008202005012002 - Dosen Pembimbing 1
Tanti Rahayu - 199204282022032017 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dominirsep Ovidius Dodo - 198609122008121002 - Ketua Penguji
Tanti Rahayu - 199204282022032017 - - Penguji 1 Rina Waty Sirait - 198008202005012002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
13101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Keseahatan Masyarakat
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
132.01 Kah P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |