ANALISIS PROBABILITAS KELONGSORAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS PROBABILITAS KELONGSORAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengujian sifat fisik dan mekanis
tanah pada area lereng ruas jalan Desa Poto-Desa Tuakau, Kecamatan Fatuleu
Barat, menghitung besarnya nilai faktor keamanan pada ruas jalan Desa Poto-Desa
Tuakau di Kecamatan Fatuleu Barat, menghitung besarnya nilai probabilitas
kelongsoran pada ruas jalan Desa Poto-Desa Tuakau di Kecamatan Fatuleu Barat,
menentukan hubungan antara probabilitas kelongsoran dengan faktor keamanan.
Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang
melibatkan observasi langsung dan uji sampel di laboratorium. Objek yang
menjadi tempat penelitian adalah ruas Jalan Desa Poto sampai Desa Tuakau
dengan alasan jalur ini tergolong jalur rawan longsor. Sumber data primer
didapatkan peneliti dengan mengambil sampel tanah pada lokasi penelitian dan
kemudian dilakukan pengujian laboratorium. Untuk mendapatkan data dan hasil
yang akurat, peneliti menggunakan beberapa metode analisis seperti metode
Fellenius untuk menguji kestabilan lereng, metode Monte Carlo untuk menguji
probabilitas kelongsoran dan analisis stabilitas lereng menggunakan Software
Rocscience Slide V.6. Hasil pengujian inilah yang digunakan peneliti untuk
menjelaskan rumusan masalah yang dipaparkan dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa poin yang menjadi kesimpulan
penelitian ini. Pertama, sampel tanah dari lokasi penelitian yang diuji di
laboratorium dengan beberapa metode pengujian diklasifikasikan ke dalam jenis
Tanah Lanau atau Tanah Lempung berbutir halus. Kedua, berdasarkan hasil
analsisis kestabilan lereng menggunakan Software Rocscience Slide V.6., jenis
lereng pada lokasi penelitian termasuk jenis lereng yang disarankan karena
mempunyai nilai probabilitas kelongsoran yang rendah. Hal ini merujuk pada
viii
KEPMEN ESDM No. 1827 Tahun 2018 yang menetapkan nilai FK minimum yang
disarankan yaitu jika nilai FK kurang dari nilai FK minimum yang disarankan.
Adapun angka faktor keamanan lereng aktual pada lokasi penelitian adalah 1,05
dan PK 28%. Ketiga, setelah dilakukan redesain lereng dengan rekomendasi
pembuatan bench, nilai FK yang dihasilkan adalah 1,30 dan nilai PK 2,8%.
Berdasarkan KEPMEN ESDM No. 1827 Tahun 2018, angka ini masuk ke dalam
kategori keparahan dan kemungkinan longsor yang rendah karena nilai FK dan PK
tidak melebihi batas maksimum yang disarankan. Keempat, kesimpulan umum
dari penelitian ini adalah probabilitas kelongsoran dapat memperkecil
ketidakpastian yang dihasilkan oleh faktor keamanan.
Kata Kunci: Probabilitas, Kelongsoran, Ruas Jalan, Lereng, Keamanan.
*Pembimbing 1
**Pembimbing 2


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Clementina A.S.F.Meka - Personal Name
Student ID
2006100037
Dosen Pembimbing
WORO SUNDARI - 196601112000122001 - Dosen Pembimbing 1
IKA FITRI KRISNASIWI - 197902012014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Woro Sundari - 196601112000122001 - Ketua Penguji
Ika Fitri Krisnasiwi - 197902012014042001 - Penguji 1
Matilda Metboki - 199301172022032008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
31201
Edisi
Published
Departement
Teknik Pertambangan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
312.01 Mek A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA