Skripsi
Alih Kode Dan Campur Kode Pada Masyarakat Di Desa Taneotob Kecamatan Nunbenakabupaten Timur Tengah Selatan
XMLPenelitian ini berjudul alih kode dan campur kode pada masyarakat di Desa taneotob kecamatan nunbena kabupten timur tengah selatan provinsi nusa tenggara timur.latar belakang penelitian ini adalah dalam lingkungan masyarakat bahasa sering terjadi kontak bahasa yang mengakibatkan terjadinya fenomena bilingualisme dan multilingualisme. Fenomena inilah yang pada akhirnya dapat menimbulkan fenomena kebahasaan lainnya,yaitu alih kode dan campur kode.alih kode adalah peralihan klausa dari satu bahasa ke klausa bahasa lain, sedangkan campur kode adalah penyisipan unsur bahasa lain apabila menggunakan suatu bahasa secara dominan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ciri- ciri ekspresi kode dan metode campur kode, artinya analisis datanya berupa pelayan dan bukan berupa angka-angka. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik obserfasi dan keterlibatan terampil teknik mendengarkan terlibat bebas terampil dan pencatatan analisis data yang menggunakan dua prosedur yaitu analisis selama proses pengumpulan data mulai dari analisis setelah pengumpulan data.pengajian hasil analisis data dengan metode formal dan informal.
Kata kuncinya: alih kode, campur kode, bahasa dawan dan bahasa indonesia.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RANI HALIJA TAEK - Personal Name
|
Student ID |
1801010241
|
Dosen Pembimbing |
Simon Sabon Ola - 196503221992031001 - Dosen Pembimbing 1
Samuel H Nitbani - 19610502 198903 1 002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Alex Djawa - 196108051993031001 - Ketua Penguji
Simon Sabon Ola - 196503221992031001 - Penguji 1 Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 TAE A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |