Efektivitas Pembelajaran Daring Dan Daya Tarik Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas V Sekolah Dasar Katholik Sta Maria Assumpta Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Pembelajaran Daring Dan Daya Tarik Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas V Sekolah Dasar Katholik Sta Maria Assumpta Kota Kupang

XML

Tujuan penelitian Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 bagi siswa kelas V SDK Sta Maria Assumpta Kota Baru Kupang. Mendeskripsikan daya tarik belajar pada masa pandemi covid-19 di kelas V SDK Santa Maria Asumpta Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan serta menggunakan rumus P =F/N x 100%.
Penelitian ini dilaksanakan di SDK Sta. Maria Assumpta Kota Kupang. Dengan hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran daring dan daya tarik belajar pada masa pandemi covid-19 di kelas V SDK Sta Maria Assumpta Kota Kupang berada pada kategori baik, hal ini terlihat dari hasil wawancara dengan guru wali kelas V yang mengatakan bahwa dalam proses pembelajaran secara daring di kelas V SDK Sta Maria Assumpta Kota Kupang sarana dan prasarana pembelajaran sangat memadai sehingga proses pembelajaran berjalan lancar dan baik. Hasil analisis angket efektivitas pembelajaran daring dan daya tarik belajar memperoleh rata-rata keseluruhan 60,6% dan 65,8%, yang menunjukan bahwa proses pembelajaran memiliki efektif dan mempunyai daya tarik selama daring.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpilkan bahwa proses pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di kelas V SDK Sta Maria Assumpta Kota Kupang dapat efektif dan memiliki daya tarik belajar bagi siswa, hal ini dapat terlihat dari hasil analisis wawancara guru kelas wali Kelas V dan hasil penyebaran angket kepada siswa selama proses pembelajaran daring. Oleh karena itu dalam menunjang proses pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar penyediaan sarana dan prasarana harus memadai agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar.
Kata Kunci : Efektivitas, Daya Tarik, dan Pembelajaran Daring


Detail Information

Item Type
Penulis
Selvianus Jonsi - Personal Name
Student ID
1701140068
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R. Koroh - - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 JON E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA