PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 9 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 9 KOTA KUPANG

XML

Rumusan masalah apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 9 Kota Kupang?. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 9 Kota Kupang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian eksperimen dapat digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali.
Tingkat keaktifan belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Kota Kupang secara keseluruhan dinyatakan berhasil mengggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, dalam hal ini dilihat dari Kegiatan keaktifan siswa mencakup 6 butir aspek keaktifan siswa, diantaranya: Oral Activities (Kegiatan-kegiatan lisan), Listening Activities (Kegitan-kegiatan mendengarkan), Writing Activities (Kegiatan-kegiatan mendengar), mental activities (Kegiatan-kegiatan mental), Emotional Activities (Kegiatan-kegiatan emosional), Visual Activities (Kegiatan-kegiatan visual).
Hasil penelitian dari uji Paired sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, menunjukkan ada perbedaan nilai rata-rata hasil belajar untuk pretest dan posttest pada kelas eksperimen menggunakan model problem based learning dan uji hipotesis independent sample T-Test menunjukkan adanya perbedaan antara metode ceramah dan model pembelajaran Problem Based Learning dengan hasil Sig. (2-tailed) 0,000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat perbedaan pengaruh kelas kontrol dan kelas eksperimen terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran PPKn sama dengan diterimanya Ha. Pada dekskripsi statistik Independent Sample T Test juga hasil rata-rata dari dekskripsi statistik adalah kelas kontrol lebih kecil dari pada kelas eksperimen dengan angka 63,57 < 73,93 jadi, kelas eksperimen berhasil membuat siswa lebih aktif. Maka Model pembelajaran Problem Based Learnig berpengaruh pada keaktifan siswa di kelas XI SMA Negeri 9 Kupang.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Keaktifan Siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Anjelia Marselsa Metan - Personal Name
Student ID
2001070006
Dosen Pembimbing
Thomas kemil Masi - - Dosen Pembimbing 1
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Penguji 1
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Tan P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA