PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII UPTD SMP N 13 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII UPTD SMP N 13 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas VII UPTD SMP N 13 Kupang.
Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpusive sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian. Data dikumpulkan melalui pretest-posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t-test dengan dilakukan uji prasayarat normalitas dan homogenitas. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan Microsoft excel dan SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen adalah 26,8 sedangkan di kelas kontrol hanya 8,45. Uji t-test menunjukan nilai signifikan 0,000 yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan model pembelajaran pronlem based learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar, Quasi-Experimental


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Margery Mansopu - Personal Name
Student ID
2001040027
Dosen Pembimbing
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Paulus Taek - 19600626 1995121001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Man P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA