Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII UPTD SMP N 13 KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas VII UPTD SMP N 13 Kupang.
Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpusive sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian. Data dikumpulkan melalui pretest-posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t-test dengan dilakukan uji prasayarat normalitas dan homogenitas. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan Microsoft excel dan SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen adalah 26,8 sedangkan di kelas kontrol hanya 8,45. Uji t-test menunjukan nilai signifikan 0,000 yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan model pembelajaran pronlem based learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar, Quasi-Experimental
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Margery Mansopu - Personal Name
|
Student ID |
2001040027
|
Dosen Pembimbing |
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Paulus Taek - 19600626 1995121001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 Man P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |