PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS V SDN AS MANULEA DALAM MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN TENTANG LINGKUNGAN HIDUP MENGGUNAKAN METODE SQ3R

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS V SDN AS MANULEA DALAM MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN TENTANG LINGKUNGAN HIDUP MENGGUNAKAN METODE SQ3R

XML

Skripsi oleh Fitriana Mea Seran NIM 2001140065 pgsd 2024, dengan judul “ Peningkatan Kemampuan Peserta Didik kelas V SDN As Manulea Dalam Memahami Isi Teks Bacaan Tentang Lingkungan Hidup Menggunakan Metode SQ3R”. Dengan Rumusan Masalah : Bagaimanakah peningkatan kemampuan peserta didik kelas V SDN As Manulea dalam memahami isi teks bacaan tentang lingkungan hidup menggunakan metode SQ3R?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningakatan kemampuan memahami isi teks bacaan peserta didik kelas V SDN As Manulea dengan menerapkan metode SQ3R. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes, refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SDN As Manulea. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang
berjumlah 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memahami isi teks bacaan tentang lingkungan hidup dengan teks bacaan “Kupu-kupu dan Perubahan Hutan” menggunakan metode SQ3R, dimana siklus I ketuntasan yang diperoleh 21% atau siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 3 orang, sedangkan yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembejaran sebanyak 79% dengan jumlah siswa 11 orang. Selain itu, terdapat peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa dari 52,85 pada siklus I menjadi 92 pada siklus II. Bersarkan rumusan masalah pada skripsi yaitu disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R dapat meningkatankan kemampuan memahami isi teks bacaan tentang lingkungan hidup menggunakan teks bacaan dengan judul “Kupukupu dan Perubahan Hutan” SDN As Manulea terbukti berhasil. Hal ini terbukti dengan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II setelah guru menerapkan metode SQ3R dalam Proses pembelajaran tentang Membaca Pemahaman.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Teks Bacaan, Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review).


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Fitriana Mea Seran - Personal Name
Student ID
2001140065
Dosen Pembimbing
Labu Djuli - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Alex Djawa - 196108051993031001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ser P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA