Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS V SDN AS MANULEA DALAM MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN TENTANG LINGKUNGAN HIDUP MENGGUNAKAN METODE SQ3R
XMLSkripsi oleh Fitriana Mea Seran NIM 2001140065 pgsd 2024, dengan judul “ Peningkatan Kemampuan Peserta Didik kelas V SDN As Manulea Dalam Memahami Isi Teks Bacaan Tentang Lingkungan Hidup Menggunakan Metode SQ3R”. Dengan Rumusan Masalah : Bagaimanakah peningkatan kemampuan peserta didik kelas V SDN As Manulea dalam memahami isi teks bacaan tentang lingkungan hidup menggunakan metode SQ3R?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningakatan kemampuan memahami isi teks bacaan peserta didik kelas V SDN As Manulea dengan menerapkan metode SQ3R. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes, refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SDN As Manulea. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang
berjumlah 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memahami isi teks bacaan tentang lingkungan hidup dengan teks bacaan “Kupu-kupu dan Perubahan Hutan” menggunakan metode SQ3R, dimana siklus I ketuntasan yang diperoleh 21% atau siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 3 orang, sedangkan yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembejaran sebanyak 79% dengan jumlah siswa 11 orang. Selain itu, terdapat peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa dari 52,85 pada siklus I menjadi 92 pada siklus II. Bersarkan rumusan masalah pada skripsi yaitu disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R dapat meningkatankan kemampuan memahami isi teks bacaan tentang lingkungan hidup menggunakan teks bacaan dengan judul “Kupukupu dan Perubahan Hutan” SDN As Manulea terbukti berhasil. Hal ini terbukti dengan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II setelah guru menerapkan metode SQ3R dalam Proses pembelajaran tentang Membaca Pemahaman.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Teks Bacaan, Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review).
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Fitriana Mea Seran - Personal Name
|
Student ID |
2001140065
|
Dosen Pembimbing |
Labu Djuli - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Alex Djawa - 196108051993031001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1 Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ser P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |